Jenis-Jenis Buah Kiwi Yang Populer

September 11, 2017
Jenis-Jenis Buah Kiwi Yang Populer - Buah Kiwi semakin banyak dijual di pasar. Semakin banyak orang yang tertarik dan suka konsumsi buah kiwi ini. Ada hal yang harus diketahui yaitu tentang apa saja jenis buah kiwi yang ada di pasaran.

Buah kiwi yang ada sekarang ini terdapat dua jenis hijau dan kuning dengan perbedaan kandungan nutrisi yang dimiliki masing-masing nyaris tidak ada selisih yang jauh. Sebenarnya buah ini berasal dari Cina selatan, Namun kebanyakan orang tahu buah kiwi berasal dari Selandia Baru. Bukan hanya karena ada burung kiwi di Selandia Baru, akan tetapi petani di Selandia Baru lah yang memulai menanam buah yang kulitnya berbulu, untuk keperluan komersil sejak perang dunia kedua.

Buah Kiwi merupakan sumber Vitamin C,A, dan E,serta tinggi kalium, serat, dan antioksidan. Seperti yang kita ketahui ada 2 jenis buah kiwi di pasaran, yang berwarna hijau dan kuning (gold kiwi). Dari luar memang tampak sama, namun mereka akan terlihat berbeda setelah di iris atau di kupas kulitnya.
Jenis-Jenis Buah Kiwi Yang Populer

Jenis Buah Kiwi : Buah Kiwi Hijau dan Buah Kiwi Kuning Apakah keduanya Sama?


Tidak, rasa buah kiwi hijau dan kuning sangat berbeda, walaupun memiliki tekstur yang hampir sama. Ada trik untuk membedakan di antara keduanya, karena kiwi hijau bentuknya oval simetris dan lebih keras di banding kiwi kuning. Sedangkan kiwi kuning, kulit luarnya terasa lebih halus dan punya benjolan di salah satu sisinya.

Kiwi hijau “Hayward” hadir di dunia lebih dulu dengan warna daging hijau terang, rasa sedikit asam dan punya tekstur kasar. Kiwi kuning “Chinabelle” adalah jenis buah kiwi yang membutuhkan waktu belasan tahun untuk pengembangannya. Penelitian di lakukan oleh Crown Research Institute, Selandia Baru, dengan melakukan teknik hibridasi.

Untuk menyimpulkan nilai gizi buah kiwi kuning dan hijau, bisa di lihat pada tabel. Kiwi hijau dan kuning kurang lebih sama, kiwi kuning menyediakan lebih banyak vitamin C, sementara kiwi hijau memberikan lebih banyak serat makanan dan kalsium, sehingga kedua buah kiwi ini memiliki keunggulan masing-masing.

Bagaimana? sudah tau kan Jenis-Jenis Buah Kiwi Yang Populer dan manfaatnya, senoga bermanfaat yaa..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »