15 Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

September 08, 2017
15 Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh - Buah Kiwi semakin fenomenal saat ini. Semakin hits dikalangan pecinta buah. Oh iya, Pernahkah Anda merasakan buah Kiwi? Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah Sawo yakni berwarna cokelat, daging buahnya berwarna hijau terang dan bisa langsung dimakan. Buah ini biasanya dijadikan salad buah, es krim atau sebagai hiasan kue. Yang beredar di pasaran terdapat dua jenis buah Kiwiyakni Kiwihijau dan juga Kiwi kuning keemasan.
15 Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Kiwi berasal dari China dan diperkenalkan ke Selandia Baru pada tahun 1906. Saat ini, sudah ada sekitar 10 jenis buah Kiwi yang ditanam di hampir seluruh dunia seperti di Prancis, Italia, Spanyol, AS, Afrika Selatan maupun Rusia. Kiwi ini dikenal sebagai penghasil vitamin C terbesar dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. 

Kandungan Buah Kiwi Per 100 Gram nya

  • Protein: 0.99 gram.
  • Air: 83,05 gram.
  • Karbohidrat: 14.88 gram.
  • Kalori: 61 kcal.
  • Abu: 0.64 gram.
  • Lemak: 0.44 gram.
  • Magnesium: 30 mg.
  • Fiber: 3.4 gram.
  • Besi: 0.41 mg.
  • Vitamin C: 75.0 mg.
  • Potassium, K: 332 mg.
  • Vitamin A: 9 mcg.
  • Calcium: 26 mg.
  • Phosphorus, P: 40 mg.
  • Niacin: 0.500 mg.
  • Vitamin A: 175 iu.
  • Retinol: 0 mcg.
  • Sodium: 5 mg.
  • Thiamin: 0.020 mg.
  • Kolesterol: 0 mcg.
  • Riboflavin: 0.050 mg.
Buah Kiwi juga mengandung actinidin, enzimalami yang dapat mengatasi sembelit. Asam askobin-nya melindungi tubuh dari demam dan nyeri persendian.

1. Anti-hipertensi
Buah Kiwi mengandung kalium yang dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek sistem saraf. Kalium juga berperan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

2. Menangkal radikal bebas
Kiwi sangat kaya kandungan antioksidan. Kandungan polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya, tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

3. Masalah pencernaan
Dengan kandungan serat yang tinggi, Kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengonsumsinya secara teratur.

4. Bermanfaat bagi wanita hamil
Buah Kiwi kaya dengan asam folat yang baik untuk ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang. Buah Kiwi juga dapat membantu mengatasi kekurangan zat besipada wanita yang bisa berdampak pada terganggunya produktivitas, perkembangan dan fungsi kognitif, resiko kehamilan dan sistem kekebalan tubuh.

5. Kesehatan jantung
Kandungan potasiumyang dimilikinya hampir sama dengan yang terkandung pada pisang. Buah Kiwi merupakan sumber potasiumrendah garam yang berpotensi memberi manfaat dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

6. Mengurangi resiko Alzheimer
Buah Kiwi diyakini dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer sampai 50%.

7. Membantu Mengelola Tekanan Darah
Buah Kiwi tinggi tingkat kalium membantu menjaga elektrolit dalam keseimbangan dengan menangkal efek natrium.

8. Melindungi dari Kerusakan DNA
Sebuah studi oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik dari antioksidan dalam buah Kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan ini dapat membantu mencegah kanker.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah kiwi Tinggi konten vitamin C bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Membantu menghilangkan Racun
Serat fuzzy Kiwi membantu mengikat dan memindahkan racun dari saluran pencernaan Anda.

11. Cocok Untuk Penderita Diabetes
Kiwi adalah tergolong dalam kategori 'rendah' ​​untuk indeks glikemik, yang berarti itu tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Ini memiliki beban glikemik dari 4 yang berarti aman bagi penderita diabetes.

12. Melindungi Terhadap Degenerasi makula dan Masalah Mata Lainnya
Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah studi di lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 porsi buah atau lebih per hari mengalami penurunan degenerasi makula sebesar 36%. Hal ini diduga terkait dengan tingkat tinggi kiwi yang lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia. Meskipun kedua buah-buahan dan sayuran yang diteliti, efek yang sama ini tidak ditampilkan untuk sayuran.

13. Untuk Keseimbangan Alkaline
Kiwi adalah termasuk dalam kategori 'paling basa' untuk buah-buahan, yang berarti ia memiliki pasokan yang kaya mineral untuk menggantikan kelebihan asam, kebanyakan orang mengkonsumsi buah kiwi. Beberapa manfaat dari tubuh asam/basa yang seimbang untuk: kulit muda, tidur lebih nyenyak, energi fisik berlimpah, mencegah pilek, mengurangi arthritis, dan mengurangi osteoporosis.

14. Untuk Kulit
Kiwi merupakan sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan yang dikenal untuk melindungi kulit dari degenerasi.

15. Rasa yang eksotis
Kiwi tampilan dan rasa enak. Anak-anak sering mensukai mereka karena mereka begitu berbeda dari kebanyakan buah-buahan lainnya.

Untuk keseimbangan gizi itu selalu baik, daripada berbagai makanan. Setiap makanan memiliki kualitas sendiri yang unik dan kekuatan. Masalahnya dengan diet kebanyakan orang adalah bahwa kita makan seperti sejumlah makanan. Hal ini meningkatkan kemungkinan kita tidak mendapatkan cukup nutrisi penting.

Buah Kiwi mengandung sejumlah terukur oksalat, zat yang terjadi secara alami di banyak tanaman dan hewan. Ketika oksalat menjadi terlalu terkonsentrasi dalam cairan tubuh, mereka dapat mengkristal dan menimbulkan masalah kesehatan. Orang-orang dengan masalah penyakit ginjal atau kandung empedu itu harus menghindari buah kiwi. Ada banyak kontroversi tentang jumlah yang diperlukan untuk menjadi signifikan, terutama dari tanaman.

Buah Kiwi juga mengandung zat enzim yang terkait dengan latek, buah sindrom alergi. Jika Anda memiliki alergi lateks, Anda mungkin alergi terhadap kiwi juga. Sejak pematangan buah dengan gas etilen meningkatkan zat ini, kiwi organik tidak diobati dengan gas akan memiliki senyawa penyebab alergi lebih sedikit. Memasak juga menguerangi enzim.

Itulah 15 Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh. Dengan banyak mengonsumsi buah Kiwi, berbagai problem kesehatan yang selama ini diderita bisa segera teratasi oleh khasiat yang dimiliki oleh buah kecil yang menakjubkan ini.

Sumber Sumber

Artikel Terkait

Previous
Next Post »